logoblog

Cari

Tutup Iklan

Gubug Sayur

Gubug Sayur

“Pasu Mah Muri” yang secara maksud berarti “Rajin untuk bekal dikemudian hari” adalah nama sebuah Kelompok Wanita Tani yang di singkat

Inovasi Desa

KM Kaula
Oleh KM Kaula
23 Mei, 2017 10:25:04
Inovasi Desa
Komentar: 2
Dibaca: 9310 Kali

“Pasu Mah Muri” yang secara maksud berarti “Rajin untuk bekal dikemudian hari” adalah nama sebuah Kelompok Wanita Tani yang di singkat KWT. Tapi sekalipun namanya adalah kelompok wanita tani namun inisiatornya adalah seorang laki-laki muda begitu juga anggota-anggotanya banyak yang laki bahkan pengurusnya juga banyak laki-laki ada Ulil Azmi, Saepul Bahri, Hizbul watoni, Farman dan lain-lain sementara pengurus perempuannya ada Tin Zaetuni, Ibu Nur dan lain-lain. Mereka semuanya juga merupakan bagian dari inisiator langsung.

Kegiatan KWT ini adalah mengajak warga yang ada di pemukiman atau gubuknya yang berjumlah enam belas KK untuk mengoftimalkan pemanfaatan lahan sebagai media penanaman sayur, sementara lorong-lorong yang ada dibuatkan tiang dengan jarak satu meter lalu diatasnya dibuatkan lengkungan sehingga keliatan seperti lorong, lalu pada tiap tiang yang ada ditanami berbagi jenis sayur yang merambat seperti gambas, buncis, timun, kacang panjang, kecipir dan lain sebagainya. Kemudian di depan deretan tiang tersebut  di taruhin polibag juga sebagai media untuk penanaman sayur yang tidak merambat seperti sayur sawi, terong, tomat dan cabai.

Begitu juga di halaman-halaman warga, baik halaman depan, samping kiri kanan juga halaman belakang, semuanya ditanami berbagai jenis sayur, sehingga tidak ada ruang kosong, karenanya kemudian gubug tersebut diberi Label Dusun atau Gubug Sayur Dusun Selusuh Desa Masmas Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah.

Manfaat dari kegiatan ini ternyata sangat dirasakan oleh warga digubuk tersebut juga oleh dusun dusun lainnya karena setiap ada warga dusun lain yang berkunjung ke gubuk tersebut selalu diberi oleh-oleh berupa sayur-sayuran. Juga tidak sekedar dapat sayur-sayuran dan memperindah halaman tapi juga dapat meningkatkan ekonomi secara signifikan karena hasil-hasil tersebut dijual oleh kelompok.

Disisi lain manfaat dari kegiatan tersebut adalah bahwa satu bulan kemarin KWT Pasu Mah Muri dinobatkan jadi juara satu Tingkat Kabupaten Lombok Tengah pada Lomba PHBS. Ini tentu jadi motivasi tersendiri buat anggota kelompok untuk terus lebih giat lagi membina kekompakan kelompok dan meningkatkan upaya optimalisasi pemanfaatan lahan yang tidak Cuma berkutat di gubuk atau pemukimannya sendiri tapi bagaimana bisa ditularkan ke gubug-gubug/pemukiman di dekatnya dan upaya itu sudah mulai keliatan dengan adanya satu dua orang di dusun lain yang sudah mengikuti jejak KWT Pasu Mah Muri dengan cara membikin “Pelangkan” dalam bahasa sasak yang terbuat dari bambu sebagai tempat menjalarnya sayuran merambat yang ditanamnya.

Baca Juga :


Melihat perkembangan tersebut, H. Habiburrahman yang dinobatkan menjadi pembina Kelompok karena proaktifnya sedari awal mengarahkan kelompok bahkan juga menyumbang dengan material, sangat optimis bahwa kegiatan ini akan terus berkembang bahkan akan banyak diduplikasi oleh dusun-dusun lain. Hal ini memang sudah menjadi programnya pembina yang secara kebetulan juga menjadi inisiator desa wisata masmas untuk terus memetakan pemukiman untuk menjadi pemukiman atau gubuk sayur, gubug rempah-rempah, gubug pengrajin ketak, gubug kerupuk dan lain-lain yag sekaligus juga akan menjadi pelengkap paket wisata yang ditawarkan.

Untuk menstimulus kelompok, perusahaan bibit sayur yang lebih akrab dengan panggilan perusahaan "panah merah" juga tidak mau ketinggalan, minggu kemarin memberikan rangsangan kepada semua anggota dengan cara membuat lomba memasak khusus bagi anggota KWT Pasu Mah Muri pada hari panen raya sayurnya. berbagai kreatifitas warga dalam hal membuat masakan diperlihatkan termasuk dengan hasil memasaknya dihidangkan untuk dinikmati oleh semua hadirin yang terdiri dari wakil perusahaan, petugas kesehatan, pembina, anggota kelompok dan warga sekitar yang berkesempatan hadir dalam kegiatan dimaksud. [] - 05



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    23 Mei, 2017

    Tambah mantap NIH kawan Kaula....Sukses.....


    1. KM Kaula

      KM Kaula

      24 Mei, 2017

      belum bisa semantab KM Jong Celebes. saya harus banyak belaja di pelungguh.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan