logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tunak Besopoq Kelompok Ekowisata di Desa Mertak

Tunak Besopoq Kelompok Ekowisata di Desa Mertak

Sebelum saya lebih jauh memperkenalkan Kelompok Penggiat Ekowisata "Tunak Besopoq", saya ingin bertanya sudah pernah dengar kata "Tunak, atau TWA Gunung

Inovasi Desa

Lailatul Zohri
Oleh Lailatul Zohri
10 September, 2017 21:49:04
Inovasi Desa
Komentar: 2
Dibaca: 4472 Kali

tarian Menyambut kunjungan Mahasiswa Yeungnam University Korea selatan di TWA Gunung TunakSebelum saya lebih jauh memperkenalkan Kelompok Penggiat Ekowisata "Tunak Besopoq", saya ingin bertanya sudah pernah dengar kata "Tunak, atau TWA Gunung Tunak, atau Hutan Tunak?. Bagi anda yang belum pernah dengar berarti kurang Piknik he he he. Saya mengatakan kurang Piknik karena "Tunak adalah Tempat Piknik Terbaik bersama orang tercinta dan Sudah dikenal luas karena sudah diliput oleh salah satu acara jalan-jalan terpopuler My Trip My Adventure. Nah, bagi anda yang sudah ke Tunak di sanalah tempat berdirinya Kelompok Tunak Besopoq ini.

Forum Ekowisata Tunak Besopoq

Forum Ekowisata Tunak Besopoq atau yang lebih dikenal Kelompok Tunak Besopoq merupakan kelompok Masyarakat Binaan Balai KSDA NTB untuk mengembangkan Perekonomian Masyarakat Sekitar Penyangga TWA Gunung Tunak. Kelompok Tunak besopok ini dibentuk pada tanggal 3 Mei 2017 berkedudukan di Desa Mertak, Kecamatan Pujut.

Sebelum kelompok ini dibentuk Masyarakat sekitar penyangga Twa Gunung Tunak telah mendapatkan 3 kali pelatihan dari Kerjasama antara Kementerian Kehutanan Korea KIFC dan Kementerian Kehutanan RI yang diwakili oleh BKSDA. Berbagai pelatihan ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas pembangunan berbagai fasilitas wisata di TWA Gunung Tunak yang merupakan hibah dari Pemerintah Korea Selatan. Atas dasar itu maka BKSDA NTB Berkoordinasi dengan masyarakat Desa Mertak untuk membentuk Kelompok Ekowisata Tunak Besopoq, dengan harapan kelompok ini sebagai pelaku/pengelola paket-paket wisata di TWA Gunung Tunak.

Setelah dibentuk pada bulan Mei 2017 Kelompok ini mulai mengagendakan beberapa kegiatan seperti kegiatan pertemuan rutin setiap 2 kali dalam sebulan. Membentuk ikatan kelompok dengan iuran wajib bagi anggota sebesar Rp.50.000, adanya iuran ikatan ini bertujuan agar setiap kelompok tetap kompak dan merasa mempunyai investasi sehingga rasa tanggungjawab untuk memajukan kelompok bersama-sama.

Beberapa kegiatan telah dilakukan Tunak besopoq setelah dibentuk seperti berkontribusi pada acara peringatan Hari Konservasi Alam Nasional yang diperingati di Kawasan TWA Gunung Tunak, acara yang di ikuti oleh Anggota Tunak besopoq seperti menjadi Peserta Lintas alam gunung Tunak, menjadi kader konservasi dan menjadi pantia Festival Rock Fishing. Dalam kegiatan paket wisata, pada tanggal 12 Agustus tunak Besopoq menyambut Kunjungan Mahasiswa Yeungnam University Korea Selatan. Penyambutan sangat meriah karena Seluruh anggota Tunak Besopoq menggunakan pakaian adat setempat dan di iringi musik tradisional beberapa anggota melakukan penyambutan dengan tarian joget.

 

Baca Juga :


Setelah itu mereka dihidangkan makanan hasil pertanian masyarakat sekitar seperti singkong, Kacang-kacangan dan Kelapa Muda. setelah menikmati snack kemudian mereka di ajak berkeliling kawasan gunung tunak untuk melihat keaneka ragaman hayati (tumbuhan-tumbuhan obat, kupu-kupu dan berbagai jenis burung), beberapa anggota tunak besopoq bertindak selaku pemandu.

Demikian perkenalan kami mengenai Forum Ekowisata " Tunak Besopok" Desa Mertak, Kecamatan Pujut.

Bagi sobat yang ingin berwisata alam dengan kearifan lokal dapat menghubungi kami kelompok Tunak Besopoq, Nomor HP: 085 237 280 747 []



 

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    10 September, 2017

    Mantab. Bung Zohri memang punya bakat menulis yang luar biasa. ayo nulis lagi, ajak teman-teman yang lain juga nulis untuk membuat Tunak lebih dikenal banyak orang lagi.


    1. Lailatul Zohri

      Lailatul Zohri

      13 September, 2017

      terima kasih pak, tapi saya tetap harus banyak belajar pada bapak baik itu cara menulis dan mempromsikan daerah saya


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan