logoblog

Cari

Tutup Iklan

Asa Green Inovasi Baru Untuk Para Petani

Asa Green Inovasi Baru Untuk Para Petani

KM. Pohgading Timur Sejak tahun 2010 awal dari penemuan dan percobaan pertama kali dilakukan di lahan keluarga yang menjadi lahan

Inovasi Desa

KM Pohgading Timur
Oleh KM Pohgading Timur
20 November, 2017 18:47:31
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 7786 Kali

KM. Pohgading Timur – Sejak tahun 2010 awal dari penemuan dan percobaan pertama kali dilakukan di lahan keluarga yang menjadi lahan percoban demi percobaan saya lakukan agar mendapatkan komposisi tepat dan baik untuk dikembangkan agar mendapatkan sesuatu yang baru sejak masyarakat dusun sukamulia desa pohgading timur mengalami gagal panen yang diakibatkan serangan hama dan langkanya pupuk yang begitu langka.

Melihat kenyataan yang dialami oleh para petani yang ada disekitar mulailah saya bergerak dengan perlahan untuk membuat dan mencoba apa yang sudah saya ketahui dan bahan sanagat banyak yang ada disekiling tempat saya tinggal. Pertama kali saya melakukan percobaan Asa Green ada kelihatan hasil yang member sedikit harapan ke yang lebih baik, pada minggu selanjutnya sayapun melakukan percobaan lagi dengan dosis yang berbeda dibandingkan dengan percobaan yang sebelumnya.

Begitupula pada percobaan yg kedua ini yang saya lakukan pada saat libur kuliah pada hari minggu, pada minggu kedepanya saya pulang dan memperhatikan lagi hasil dari percobaan yang saya lakukan dan  hasilnya lebih meningkat dibandingkan percobaan sebelumnya. Setelah melihat hasil percobaan yang ke duakalinya sayapun tetap melakukan percobaan lagi pada tanaman yang sama yaitu tanaman kacang panjang yang sudah ditanam dan melakukan percobaan yangketiga kalinya dengan dosis yang meningkat lagi dari percobaan-percobaan sebelumnya.

Sampai beberapakali percobaan saya lakukan dan Alhamdulillah saya menetapkan dosis dari pupupuk organic yang saya buat dan coba sendiri, pada usia tanaman 7 hari setelah tanam menggunankan dosis 180 ml/ tangki sedangkan tanman yang sudah bereproduksi dosisnya 250/tangki. Dengan dosis yang sudah dilakukan allhamdulillah pertumbuhan tumbuhan yang di budidaya dapat tumbuh dengan cepat dan baik, sedangkan pada tanaman yang sedang bereproduksi harus diberi pupuk yang lebih banyak karena pada masa reproduksi tumbuhan sangat membutuhkan nutsi yang sangat banyak sehingga saya menetapkan dosisnya 250 ml/tangki. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus dan masa reproduksi semakin lama maka para petani harus melakukan penyemprotan satu kali dalam seminggu selain itu tanaman yang dibudidayakan oleh para petani tidak akan diganggu oleh hama pengganggu seperti ulat, belalng dan kupu pembawa hama yang lain.

Sejak pertengan tahun 2010 saya mulai ditanya oleh para petani sekitar karena hasil dari kacang panjang hasil dari percobaan yang saya lalkuan tersebut. Dari sejak itu mulai pupuk yang saya buat digunakan oleh para petani sekitar. Setelah pupuk organic ini digunakan saya mulai melakukan percobaan lagi membuat pestisida hayati dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar. Sampai saat ini para petani mencari pupuk yang sekaligus pestisida hayati yang saya buat untuk para petani Nusa Tenggara Barat khususnya dan para petani Indonesia Umumnya.

 

Baca Juga :


Seiring perkmbangan pupuk organic sekaligus menjadi pestisaida hayati para petani yang diluar pulau Lombok sudah menggunakanya prodak ini seperti petani yang ada di pulau jawa timur kabupaten tuban, Kalimantan selatan, dan pulau bali. Sekarang kami mendapat pesanan dari pulau Kalimantan selatan sebanyak 30 liter karena pupuk bisa membatu para petani yang dipulau Kalimantan selatan makanya para petani meminta lagi untuk dikirimi. Selain itu kami dapat pesanan dari kalimanatan tengah palangkaraya dan pupalu jawa timur dari kabupaten Kediri.

Dengan banyaknya pesanan semakin hari saya terus membuat pupuk organic fungsi ganda yang diberi brand Asa Green. Semoa apa yang saya buat bisa bermanfaat bagi para petani dan warga kampung media.

By:Badri_asa []



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan