logoblog

Cari

Tutup Iklan

Program Kampung Merambah Kota Bag-2

Program Kampung Merambah Kota Bag-2

Program Kampung Merambah Kota Bagian 2 Yang tidak kalah menarik dan sepatutnya dibanggakan oleh warga Nusa Tenggara Barat khususnya Warga Komunitas

Inovasi Desa

KM Kaula
Oleh KM Kaula
25 November, 2017 06:16:23
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 5466 Kali

Program Kampung Merambah Kota Bagian 2

Yang tidak kalah menarik dan sepatutnya dibanggakan oleh warga Nusa Tenggara Barat khususnya Warga Komunitas Kampung Media adalah Rangkaian dari kegiatan eksebisi tersebut yaitu “Temu Kelompok Informasi Masyarakat 2017”, dimana dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh semua Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kota seIndonesia dan semua komunitas KIM SeIndonesia dengan materi pengenalan kampung Media NTB yang disampaikan langsung oleh inisiator sebagai nara sumber, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran bikin blog oleh salah seorang dosen di sebuah perguruan tinggi di Palembang.

Dalam kegiatan tersebut, Fairuz Abadi selaku penggagas dan pengembang Kampung Media, bercerita banyak soal lika-liku Kampung Media. Mulai dari awal proses pembuatan sampai bagaimana kemudian para warga masyarakat yang berasal dari pelosok-pelosok desa mempublikasikan semua kegiatan mereka melalui Kampung Media sehingga kegiatannya diketahui oleh para penentu kebijakan, baik ditingkat  daerah bahkan sampai ke pusat. Dan tidak jaring dari semua itu di respon dengan cepat oleh para penentu kebijakan. Dan jelas itu sangat mendukung para warga. Bahkan kegiatan yang mereka lakukan tidak Cuma diketahui oleh warga dan penentu kebijakan di sekitar saja tapi juga malah sangat dikenal di luar negeri.

Semua peserta mengikuti semua penjelasan dengan sangat antusias terlebih karena sang nara sumber yang memang sudah sangat terkenal memainkan kata-kata sebagai penghibur sehingga sekalipun peserta berjubel, semuanya tetap mengikuti dengan seksama. Bahkan banyak dari peserta yang langsung meminta izin untuk datang Study Banding ke NTB,  termasuk salah seorang ibu yang kebetulan mengepalai salah satu bidang di kominfo disatu kabupaten yang saya lupa nama bidang yang dikepalainya dan Kabupaten tempat beliau berasal. Beliau bertanya kepada penulis yang kebetulan berada duduk disampingnya, “kalau kita study banding ke NTB, bisa tidak?”, “kalau ibu mau bawa semua stap dan anggota KIM ditempat di Kabupaten Ibu untuk study banding ke NTB jelas biayanya sangat besar, kalau menurut saya sebaiknya beliau sendiri yang diundang ketempat ibu, jadi nara sumber dengan menyuruh beliau bawa 2 atau 3 orang anggota Kampung Media, tentu hal itu jauh lebih efektif dan efesien. efektifnya karena para peserta bisa bertanya banyak hal tanpa harus dibatasi waktu. Kemudian efesiensinya, biaya yang harus disiapkan semula untuk puluhan orang jadi Cuma 5 atau 6 orang” demikian penulis tanggapi. Dan oleh ibu itu jawab, “ya ya , coba nanti kita liat, bisa kita minta nomor Hp beliau?”, “tentu”, jawab penulis dengan cepat sembari menyebutkan nomor Hp sang nara sumber satu persatu”.

Demikian antusiasnya para peserta, mereka terus bertanya satu persatu, dan sebagian besarnya tentang kampung media sampai tidak terasa waktu kegiatan selesai dengan ditandai acara makan siang. Oleh sang moderator yang kebetulan salah seorang profesor Doktor acara tersebut di tutup dengan mengingatkan kepada para peserta bahwa kegiatan akan dilanjutkan setelah ISOMA dengan kegiatan penyusunan kepengurusan dan mekenisme KIM Kedepan. Ada besar kemungkinan bahwa kampung Media NTB akan diduplikasi oleh seluruh KIM SeIndonesia sebagai KIM Digital.

 

Baca Juga :


Karena ....................

In sya Allah bersambung.. ke bagian Tiga.

 



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan