logoblog

Cari

Tutup Iklan

Peran Pokdarwis Samalas Sebagai Wadah Pembelajaran

Peran Pokdarwis Samalas Sebagai Wadah Pembelajaran

Siapa yang tidak kenal bunga warisan nenek moyang orang sasak, bunga yang beraroma khas ini merupakan pewangi para pemuda zaman dulu

Inovasi Desa

KM AIK PERAPA
Oleh KM AIK PERAPA
19 Desember, 2017 08:50:11
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 1209 Kali

Siapa yang tidak kenal bunga warisan nenek moyang orang sasak, bunga yang beraroma khas ini merupakan pewangi para pemuda zaman dulu sehingga orang tua/sesepuh menyebutnya kembang teruna, kembang teruna merupakan kelompok bunga yang banyak kita jumpai di dalam hutan Rinjani dengan batang agak tinggi dan daun yang tepecah-pecah seperti daun singkong.

Kembang teruna juga tidak hanya digunakan sebagai pewangi oleh para pemuda zaman dahulu. Akan tetapi, kembang teruna digunakan sebagai campuran obat-obatan terutama pada pembuatan minyak obat.

Seiring dengan perkembangan zaman, kembang teruna tidak lagi di pakai sebagai wangi-wangian karena sudah tergeser oleh parfum-parfum yang lebih nyatu dengan kehidupan kid zaman now. Bahkan  sedikit sekali yang tau tentang kembang teruna ini, padahal kembang teruna merupakan wangi-wangian yang khas dari bumi sasak.

Tetapi, pada zaman now perkembangan kelompok-kelompok pencinta lingkungan berkembang dengan pesat dan memiliki fungsi pital tersendiri terutama dikalangan pemuda yaitu sebagai wadah pemuda menggali sejarah dari kekayaan alam. Salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan oleh POKDARWIS SAMALAS yaitu kelompok sadar wisata yang ada di Aikperapa. Dimana kegiatan yang dilakukan oleh pemuda Pokdarwis Samalas adalah pengenalan pemuda dengan sember daya yang sudah tersingkirkan oleh arus globalosasi, salah satunya adalah pengenalan dengan bunga legendaris yaitu kembang teruna.

 

Baca Juga :


Ya memang ini adalah salah satu kegiatan yang didorong oleh pemuda karang taruna yang mempelopori terbentuknya POKDARWIS SAMALAS sebagai wadah pemuda dan pemudi Aikperapa di dalam menggali dan mempelajari sejarah dan wisata yang ada di Aikperapa.



 
KM AIK PERAPA

KM AIK PERAPA

MAHENDRA SASTRA DINATA SEMPUR 08 APRIL 1999 DESA AIKPERAPA MAHASISWA UNU NTB TEKNIK LINGKUNGAN fb. hendra al ahmadi 085338670113

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan