logoblog

Cari

Tutup Iklan

Masmas Menjadi Tempat Favorit Tujuan Study Banding

Masmas Menjadi Tempat Favorit Tujuan Study Banding

Seiring dengan perjalanan waktu yang terus berputar, Perkembangan Masmas sebagai Desa Wisata dengan Paket Wisata Desanya semakin pesat, ini bisa dilihat

Inovasi Desa

KM Kaula
Oleh KM Kaula
17 Januari, 2018 09:56:11
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 5927 Kali

Seiring dengan perjalanan waktu, Perkembangan desa Masmas sebagai Desa Wisata dengan Paket Wisata Desanya semakin pesat, ini bisa dilihat dari jumlah kunjungan yang terus bertambah yang tidak saja dari Mancanegara tapi juga domistik termasuk dari perangkat-perangkat pemerintah yang terus berdatangan untuk sharing dengan Pengelola Desa Wisata Masmas yang dikenal dengan istilah Study Banding.

Berbagai daerah sudah berdatangan ke Desa Wisata Masmas dengan tujuan melihat langsung paket Wisata Desa Masmas, Model pengelolaan sampai pada upaya promosi yang dilakukan. Diantara group-group yang sudah datang antara lain Pemprov Jabar, Jateng, Pemda Pati, Pemkot Sawah Lunto Sijunjung, Mahasiswa Pariwisata Bali, Pemdes Sari Baye dan lain-lain yang jumlah rombongannya diatas 20an orang sampai ratusan orang.

Memasuki tahun 2018, Desa Wisata Masmas mendapatkan beberapa kunjungan group, mulai dari Pemdes Tanah Beak 20 orang, Pemdes Kekait 80 orang dan tanggal 18 besok dari Sumatera sebanyak 120 orang. Animo beberapa desa yang ingin menduplikasi Desa Masmas tidak Cuma diwujudkan dengan cara Study Banding saja tapi juga sering kali Pengelola Desa Wisata Masmas yang juga merupakan Coordinator Kampung Media Kaula diundang oleh beberapa desa untuk menjadi narasumber untuk berbagi cerita soal bagaimana awal mula sampai menginisiasi terbentuknya Masmas ini dengan paket wisata desanya yang belakangan kemudian dikenal dengan istilah Desa Wisata, juga tantangan-tantangan yang dihadapi dari awal sampai pada upaya-upaya promosi yang dilakukan.

Bicara soal Promosi, Pengelola Desa Wisata Masmas telah melakukan berbagai upaya mulai dari pembuatan Brosur, Baliho, Banner, membuat blog dan lain sebagainya. Tapi yang paling efektif yang dirasakan sebagai media prosomosi oleh Pengelola Adalah Kampung Media. Jadi, setiap kegiatan para wisatawan yang datang menikmati paket yang pengelola sediakan, selalu ditulis dan di publish di Kampung Media. Kenapa pengelola menganggap sebagai media promosi yang paling epektif?, karena setiap tulisan yang dipublish, maka dalam hitungan jam saja sudah dibaca oleh ratusan bahkan ribuan orang. Sementara kalau kita bikin brosur sudahlah biayanya mahal ditambah biaya distribusi, belum tentu akan dibaca dalam waktu yang singkat.

 

Baca Juga :


Pengelola wisata masmas juga berbagi cerita bagaimana seseorang masuk di akun kampung media dan mempublish sebuah tulisan di kampung media termasuk juga dasar-dasar menulis, yang pasti hamper disetiap pertemuan Habiburrahman tidak pernah lupa untuk mengkampanyekan kampung media.



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan