logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pembangunan Desa Di Sekotong Condong Ke Pemberdayaan.

Pembangunan Desa Di Sekotong Condong Ke Pemberdayaan.

PEMBANGUNAN DESA DI KECAMATAN SEKOTONG CONDONG KE PEMBERDAYAAN. (Sekotong Tengah KIM).Pelaksanaan program pembangunan Desa tahun anggaran 2018 sudah mulai dilaksanakan, semuanya

Inovasi Desa

KIM SEKOTONG TENGAH
Oleh KIM SEKOTONG TENGAH
31 Juli, 2018 15:40:01
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 2006 Kali

PEMBANGUNAN DESA DI KECAMATAN SEKOTONG CONDONG KE PEMBERDAYAAN.

(Sekotong Tengah KIM).Pelaksanaan program pembangunan Desa tahun anggaran 2018 sudah mulai dilaksanakan, semuanya mengacu pada RKPDesa yang sudah tertuang dalam bentuk APBDes.

Bagaimana bentuk serta hasil daripada pelaksaanaan pembangunan desa tahun 2018 di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, serta apa kekurangan yang harus di benahi?.Berikut rangkuman wawancara Kim Sekotong Tengah dengan salah seorang pendamping desa di Kecamatan Sekotong,Imam Jaswadi,S.pd.

Menurut Jaswadi, program pembangunan desa di Kecamatan Sekotong pada tahun 2018 sudah berjalan dengan baik dan menghasilkan berbagai program yang hasilnya dapat kita lihat dan rasakan mampaatnya oleh masyarakat.Dari Sembilan desa di Kecamatan Sekotong,masing masing desa punya kegiatan unggulan yang berbeda.Misalnya Desa Sekotong Tengah dengan Bumdesnya,Desa Cendimanik dengan wisata mangrove,Desa Sekotong Barat , Pelangan dan Desa Gili Gede Indah dalam pengelolaan pariwisata,Desa Batu Putih dibidang pengelolaan hasil kerajinan kulit kerang,Taman Baru dan Kedaro pada pembangunan infrastruktur penunjang layanan sosial dasar serta Desa Buwun mas dengan ambulan desa. Semua program tersebut tetap mengacu pada 4 bidang program yang sudah ditentukan.

Lebih jauh, Pendamping Desa asal Desa Sekotong Timur Kecamatan Lembar ini, mengapresiasi pemerintah desa di Kecamatan Sekotong.Dimana dulunya lebih condong membangun infrastruktur fisik, berubah ke bidang pemberdayaan dan pembinaan masyarakat.

”Infrastruktur penting,namun bidang pemberdayaan dan pembinaan masyarakat juga perlu diperhatikan,seperti pengadaan sarana olaharga bagi pemuda,pembangunan gedung poskesdes dan posyandu,pembinaan PAUD,dan yang tak kalah pentingnya adalah penguatan lembaga lembaga desa”.Lanjut PD yang sudah bertugas di sekotong lebih dari 3 tahun ini.

 

Baca Juga :


Di akhir wawancara,Ketika ditanyakan tentang susah - senangnya selama bertugas di sekotong. Dia menjawab bahwa susahnya adalah saat turun kelapangan. Mengingat kondisi geografis Kecamatan Sekotong yang cukup luas, medan yang sulit, naik turun gunung,menyebrangi laut, menjadi tantangan yang harus di lalui dalam menjalankan tugas.Sementara senangnya bertugas di sekotong adalah, adanya sambutan dan kerjasama pemerintah desa dan masyarakat sekotong yang sangat baik.

”Masyarakat Sekotong adalah masyarakat yang ramah,suka membantu dan semangat gotong royongnya masih tinggi”ujarnya.(sid)

 



 
KIM SEKOTONG TENGAH

KIM SEKOTONG TENGAH

Kim ( Kelompok Informasi Masyarakat ) Desa Sekotong Tengah terbentuk sejak tahun 2017.Merupakan salah satu media untuk berbagi informasi yang di tulis oleh warga,dan untuk warga dan dari warga.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan