logoblog

Cari

Tutup Iklan

Festival Pesona Bukit Mantun

Festival Pesona Bukit Mantun

Sumbawa Barat. Diskominfo - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Solidaritas Pemuda Mantun (SPM) Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah melakukan banyak

Inovasi Desa

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
22 Oktober, 2018 08:35:37
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 1377 Kali

Sumbawa Barat. Diskominfo - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Solidaritas Pemuda Mantun (SPM) Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah melakukan banyak hal untuk memajukan pariwisata Desa mantun. Agar lokasi wisata bukit mantun bisa lebih menarik, Ketua Pokdarwis, Roni, mengeluarkan dana pribadi sebesar Rp100 juta " ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KSB, Ir. IGB. Sumbawanto, M.Si pada sela-sela acara jalan santai di desa Mantun Kecamatan Maluk yang dihadiri oleh Bupati Sumbawa Barat, Dandim 1628/Sumbawa Barat, Pimpinan DPRD KSB dan beberapa anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah lainnya, Minggu (21/10).

Destinasi ini begitu penting sehingga Pokdarwis SPM ingin menjadikan destinasi ini menjadi Festival Pesona Bukit Mantun berskala Kabupaten yang akan diadakan setiap tahunnya. “Pokdarwis SPM berharap kepada Bupati KSB agar event ini bisa dijadikan event tahunan seperti Festival Mantar dan lainnya”. Tutur Sumbawanto di depan Bupati dan jajarannya. Festival Pesona Bukit Mantun adalah destinasi yang mirip dengan Bukit Mantar Kecamatan Poto Tano karena di Bukit Mantun juga menawarkan pemandangan indah, spot untuk paralayang dan pantai berpasir putih.

Sementara itu pada saat yang bersamaan, Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H W Musyafirin. M.M dalam sambutannya mengapresiasi kinerja dan eksistensi Pokdarwis SPM yang sudah bekerja keras dalam membangun pariwisata di KSB khususnya di Kecamatan Maluk. “Apa yang telah dilakukan dan ditunjukan  oleh Pokdarwis SPM desa Mantun sungguh luarbiasa, boleh jadi apa yang dilakukan ini mungkin di NTB adalah salah satu Pokdarwis yang terbaik.” Kata Bupati.

Untuk itu Bupati meminta kepada Kadis Kebudayaan dan Pariwisata serta kepada Pimpinan DPRD KSB untuk memprioritaskan perbaikan dan penambahan beberapa fasilitas yang mendukung destinasi pariwisata bukit Mantun tersebut seperti akses jalan yang panjangnya 3000 meter yang masih belum diaspal dan juga fasilitas keamanan seperti pagar pelindung. Fasilitas-fasilitas tersebut kata Bupati, akan diprioritaskan pada tahun 2019 mendatang.

Penggarapan lokasi wisata destinasi bukit mantun telah menghabiskan dana besar yang bersumber dari dana pribadi ketua Pokdarwis Desa mantun dan karena rasa tulus yang dilakukan oleh ketua Pokdarwis tersebut, Bupati mengapresiasi dan memberikan bantuan dana sehingga pariwisata di Kecamatan Maluk ini bisa lebih maju dan bersaing dengan destinasi di daerah lainnya. Bupati juga berharap desa-desa lainnya bisa mengambil contoh dari desa Mantun.

Bupati Berpesan kepada warga KSB khususnya masyarakat Maluk untuk menjaga sumberdaya alam yang ada sehingga terjaga dengan baik dan akan menjadi Icon pariwisata Daerah. “Mari kita jaga alam ini, sumber pariwisata yang sangat baik. Bagaimana pun ini adalah salah satu Icon pariwisata KSB.” Ucap Bupati.

Demikian halnya dengan kondusifitas dan kedamaian, Bupati berharap masyarakat saling membantu dalam kesusahan, menjaga kebersihan lingkungan, tetap menjaga kebersamaan dan persatuan meski dalam perbedaan. Budaya kebersamaan harus terus dibangun dan dijaga, lanjut Bupati, karena walau dalam perbedaan sekalipun kita harus menjaga persatuan.

“Kita akan bersama-sama membangun desa Mantun dan Kecamatan Maluk sehingga menjadi lebih baik ke depannya .” Tutup Bupati. Sumbawa Barat/feryal/tifa.

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan