logoblog

Cari

Tutup Iklan

Budidaya Madu Trigona, Meningkatkan Pendapatan Keluarga

Budidaya Madu Trigona, Meningkatkan Pendapatan Keluarga

Tingginya kebutuhan hidup, khususnya diwilayah tambang batu hijua, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) membuat pemuda asal Desa Mantun, Kecamatan Maluk harus memutar

Inovasi Desa

alimuddin
Oleh alimuddin
08 November, 2018 18:41:43
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 1020 Kali

Tingginya kebutuhan hidup, khususnya diwilayah tambang batu hijua, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) membuat pemuda asal Desa Mantun, Kecamatan Maluk harus memutar otak untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Pemuda asal Desa Mantun tersebut bernama Jaharuddin, Bermula dari sebatas hobi berburu madu dihutan, membuat pemuda tersebut berfikir jika madu-madu tersebut terus diburu tidak menutup kemungkinan madu tersebut akan susah didapatkan bahkan akan punah.

Berawal dari itulah Ia berinisiatif untuk membudidayakan madu Sumbawa jenis Trigona dan Serana.

“Setiap kali saya pergi mencari madu hutan saya menyempatkan diri untuk mencari madu trigona yang biasa bersarang didalam batang pohon,” ceritanya.

Madu trigona yang ia dapatkan dari hutan kemudian di budidaya dekat rumahnya. Hingga bulan Oktober Ia memiliki 55 stup atau kotak madu jenis trigona dan dua kotak jenis serana.

 

Baca Juga :


“Saya akan targetkan hingga 200 stup, madu jenis trigona, untuk satu stup madu mampu menghasilkan lebih kurang 250 ml madu murni. Dilokasi budidaya madu saya menanam beberapa jenis tanaman seperti bunga matahari dan bunga jenis,” ungkapnya.

Madu yang sudah di kemas dengan botol berukuran 250 ml dijual dengan harga Rp125.000,.

“Alhamdulillah dengan saya budidaya madu jenis trigona ini, sedikit tidak bisa membantu ekonomi keluarga saya,” tambahnya.

Selain menjual madu, Ia bersama kelompok lainnya memberikan pemahaman kepada masyarakat yang ingin membudidaya madu jenis trigona dan bisa memesan stup. (li)



 
alimuddin

alimuddin

Alimuddin, tinggal di Desa Benete Kecamatan Maluk. Desa yang akan menjadi Kawasan Industri di Kabupaten Sumbawa Barat. Bagi yang ingin berbagai pengalaman mengenai tulisan bisa di WA 081337306353

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan