logoblog

Cari

Semoyang Akan Menjadi Desa Wisata

Semoyang Akan Menjadi Desa Wisata

Lombok Tengah- Embung Pare merupakan Bendungan yang berada di dusun  Pare Desa Semoyang Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Bendungan yang

Inovasi Desa

Rizki Handika Tastura
Oleh Rizki Handika Tastura
09 Desember, 2018 19:34:50
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 3995 Kali

Lombok Tengah- Embung Pare merupakan Bendungan yang berada di dusun  Pare Desa Semoyang Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Bendungan yang luas dan berfungsi Mengairi sawah petani yang ada didesa Semoyang.

Melihat Bendungan Pare maka kita akan melihat pemandangan yang luar biasa indah. Ada dua sisi bendungan pare, sebelah atas bendungan sangat luas dan ada rumah penduduk yang tidak ada jarak dengan bendungan. Disisi bawah ada bendungan dan sawah yang berjejer dikelola oleh pemerintah desa.

Dari pemaparan kepala desa terpilih bahwa bendungan pare akan dikelola dan dijadikan Destinasi Wisata desa, tujuan dari pembuatan Detinasi Wisata tidak lain untuk mengurangi penanguguran serta membuat lapangan pekerjaan untuk masyarakat desa. Selain itu juga untuk memperkenalkan desa Semoyang.

Zulkarnaen selaku Kepala desa terpilih sudah merencanakan Desa semoyang menjadi Destinasi Wisata, rencananya bahwa ada beberapa konsep yang sudah disiapkan oleh kepala desa terpilih yakni pengelolalan bendungan sebagai tempat wista sekaligus memperkenalkan budaya masyarakat Semoyang.

Melihat bendungan yang dua sisi, nantinya akan dikelola oleh dua pihak, bendungan yang sisi atas akan dikelola oleh pemerintah desa, dan sisi bawah akan dikelola oleh Investor Lokal maupun luar. Rencananya akan dibangun beberapa Spot Photo untuk para pemuda, berugak untuk santai dan ngobrol. Kolam  Pemandian untuk anak-anak serta kolam pemancingan yang disertai rumah makan.
Perahu santai juga sebagai daya tarik yang akan dibuatkan oleh pemerintah desa, serta pembuatan fasilitas untuk masyarakat berjualan hasil produksinya. Tata ruang dan desain agar viewnya lebih bagus juga sudah direncanakan oleh Zulkarnaen selaku kades terpilih.

Terkait dengan keamanan bahwa kepala desa terpilih dan masyarakat sudah menjamin keamanan bagi para pengunjung. Karena lokasi desa semoyang ini perbatasan antara kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur sangat dekat dengan Destinasi Wisata Kuta Mandalika dan pantai terkenal diLombok Timur seperti pantai Pink dan Pantai Planet.

 

Baca Juga :




 
Rizki Handika Tastura

Rizki Handika Tastura

Nama : Rizki Handika Putra Alamat: Barabali Batukliang No Hp : 085386480824 " Mahasiswa"

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan