logoblog

Cari

Wisata Budaya, Padepokan Presean Akan Dibuka Untuk Turis

Wisata Budaya, Padepokan Presean Akan Dibuka Untuk Turis

Lombok Tengah,- Presean merupakan budaya sasak yang sangat terkenal, budaya presean sudah tidak asing ditelinga para wisatawan. namun jarang wisatawan bisa

Inovasi Desa

Rizki Handika Tastura
Oleh Rizki Handika Tastura
09 Desember, 2018 20:14:27
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 3910 Kali

Lombok Tengah,- Presean merupakan budaya sasak yang sangat terkenal, budaya presean sudah tidak asing ditelinga para wisatawan. namun jarang wisatawan bisa melihat langsung pertandingan presean.

Didesa Semoyang ada sebuah dusun yang mebuat sebuah pedepokan presean, tepatnya di dusun semoyang kebun desa semoyang. nama pedepokannya " Pedepokan Kebun Surga". pedepokan ini sudah berdiri sejak 15 Agustus 1997 diurus oleh pekembar ternama yakni Haji Inggah dan saudaranya Tuselak Marong.


mengingat bahwa presean diadakan ketika ada acara hari-hari besar dan perayaan, Masyarkat Desa Semoyang berpikir agar wisatawan yang berkunjung ke lombok untuk melihat presean bisa langsung menemukan dan melihat budaya presean.
Zulkarnaen selaku kepala desa semoyang terpilih sudah merencankan desa semoyang sebagai tujuan wisata budaya khususnya presean.

ide kepala desa terpilih sangat disambut baik oleh Haji Inggah selaku pengurus Pedepokan Kebun Surga. Haji Inggah sudah menyiapkan lahan yang sudah dibuat menjadi lapangan untuk dijadikan tempat pertandingan presean dan pertunujukan presean kepada wisatawan.

selain itu ketika akan  berkunjung ke pedepokan akan langsung dibimbing oleh pepadu ternama yaitu Tuselak Marong.

dalam melestarikan budaya presean, Pedepokan Kebun Ayu sangat menyambut baik langkah kepela desa terpilih yang ingin melestarikan budaya presean ini. terlebih lagi bahwa sebagian besar Pepadu Presean merupakan masyarakat semoyang.
 

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan