logoblog

Cari

Budidaya Ikan Dan Padi, Inovasi Terpadu Di Sawah

Budidaya Ikan Dan Padi, Inovasi Terpadu Di Sawah

Desa Masbagik Utara merupakan salah satu desa pertanian yang terletak di Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Letak desa

Inovasi Desa

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
11 April, 2019 08:00:34
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 1343 Kali

Desa Masbagik Utara merupakan salah satu desa pertanian yang terletak di Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Letak desa ini tak jauh dari titik-titik  mata air yang ada di deretan pebukitan hijau. Suatu keberuntungan, saluran-saluran air yang ada di kawasan desa ini tidak pernah mengalami kekurangan air. Hal ini pula menjadikan sebagian mayarakat yang ada di Desa Masbagik Utara mengembangkan usaha ikan dan padi.

Usaha ikan dan padi merupakan usaha pertanian dengan memadukan budidaya ikan dengan pengembangan tanaman pertanian. Artinya, masyarakat Desa Masbagik Utara memanfaatkan genangan air sawah yang sedang ditumbuhi oleh tanaman padi sebagai tempat pembudidayaan ikan.

Jenis ikan yang banyak dibudidayakan pada genangan air sawah oleh masyarakat petani Desa Masbagik Utara yaitu seperti ikan nila merah dan hitam, ikan carper merah dan hitam, dan juga ikan mujair.

Suatu hal yang menguntungkan atas terciptanya perpaduan budidaya ikan dan pengembangan tanaman padi di lahan pertanian adalah menjadikan lahan pertanian lebih produktif. Nasrudin (27 th) adalah salah seorang petani asal Desa Masbagik Utara, “Pembudidayaan ikan pada genangan air sawah mampu mengahsilkan hasil panen yang lumayan bagus. Hal ini terjadi karena dengan adanya pembudidayaan ikan pada genangan air sawah, yang mana hama padi seperti tikus dan wereng dapat diatasi, “ujarnya.

Demikian juga dengan Patoni (45 th) yang juga salah seorang petani dan pembudidaya ikan air sawah, “Adanya usaha budidaya ikan pada genangan air sawah, berarti kondisi tanaman padi  akan selalu terendam air dengan ketinggian kira-kira sekitar 55 cm. Hal ini akan menghalangi hama tikus mengganggu tanaman padi yang sedang tumbuh subur.

 

Baca Juga :


Selain hama tikus dapat teratasi oleh usaha budidaya ikan pada genangan air sawah, gangguan hama wereng juga dapat teratasi. Hal ini dapat dipahami bahwa ketika hama wereng akan mengganggu tanaman padi, setidaknya akan tercebur ke dalam air. Menurut Nasrullah bahwa hama wereng yang tercebur ke dalam air dapat menjadi pangan ikan.

Dari gambaran di atas dapat disimpulkan bahwa sumber daya lingkngan seperti limpahn air yang ada di Desa Masbagik Utara, tentu merupkan suatu keberuntungan dalam mengembangkan perekonomian masyarakat. Hanya saja ide kreatif atau inovasi masyarakat tetap diharapkan agar mereka dapat memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan sebaik-baiknya.



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan