logoblog

Cari

Wisata Kuliner Lesehan, Icon Desa Masbagik Utara

Wisata Kuliner Lesehan, Icon Desa Masbagik Utara

Desa Masbagik Utara merupakan salah satu desa yang cukup terkenal dengan limpahan air yang mengalir dari berbagai sumber mata air. Berkat

Inovasi Desa

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
11 April, 2019 21:39:34
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 1207 Kali

Desa Masbagik Utara merupakan salah satu desa yang cukup terkenal dengan limpahan air yang mengalir dari berbagai sumber mata air. Berkat dukungan sumber daya alam, desa yang terletak di Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ini banyak menghasilkan ikan air tawar.

Aneka ragam ikan air tawar yang terproduksi di Desa Masbagik Utara. Ikan nila, ikan gurame, ikan lele, ikan Mas (carper), ikan mujair  dan ikan air tawar lainnya dapat ditemukan di desa ini. Hal ini pula, warga masyarakat di desa ini banyak melakukan pengembangan wisata kuliner. Namun, warga masyarakat yang ada di desa ini lebh cenderung mengembangkan jenis wisata kuliner lesehan.

Wisata kuliner  lesehan yang berkembang di Desa Masbagik Utara yaitu lesehan yang bernuansa pedesaan. Misalnya, ruang atau tempat makan berupa berugak (gazebo) diatur sedemikian rupa di atas kolam ikan yang tak jauh dari area persawahan.

Menu makanan yang kebanyakan tersedia pada wisata kuliner lesehan Masbagik Utara adalah aneka masakan lezat dan nikmat dengan bahan baku ikan tawar dan ayam. Ikan tawar yang tersedia di sini adalah ikan tawar yang masih segar, atau pun nanti akan ditangkap ketika pelanggan melakukan pemesanan.

Berkat upaya warga masyarakat Desa Masbagik Utara dalam mengembangan wisata kuliner lesehan dengan sukses, nama Masbagik Utara sangat terkenal sebagai pusat wisata kuliner lesehan di Lombok Timur. Ketenaran wisata kuliner lesehan yang ada di desa ini dibutikan dengan semakin banyakanya wisatawan penikmat masakan yang berkunjung, baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

 

Baca Juga :


Antusias warga masyarakat Desa Masbagik Utara dalam mengembangkan desa ini sebagai salah satu ikon desa, wisata kuliner lesehan ini akan dipertahankan, bahkan terus dikembangkan.

Bagi penikmat kuliner lesehan ikan tawar, beberapa lesehan yang dapat ditemui di Desa Masbagik Utara, seperti yang ada di Dusun Tanak Maik Desa Masbagik Utara Baru yaitu Lesehan Purnama, Lesehan Istiqomah, Lesehan Akor, Lesehan dan Kolam Renang Anggur, Lesehan Mustika, Lesehan Mentari. Demikian juga di  Dusun Pancor Kopong Masbagik Utara yaitu Lesehan Aman.

Terkait dengan pengembangan wisata kuliner lesehan yang ada di Desa Masbagik Utara, tentu sangat berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Terserapnya beberapa tenaga kerja yang notabenenya dapat mengurangi angka pengangguran, tentu pula berpengaruh terhadap peningkatan kuantitas pada sektor lain, misalnya penyediaan kebutuhan lain yang dapat diperoleh sektor pertanian, diantaranya beras, sayur, bumbu dari tumbuh-tumbuhan. Demikian juga dengan meningkatnya persediaan minuman dingin atau panas,  dan persediaan kebutuhan lainnya yang terkait dengan aktifitas wisata kuliner lesehan.

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan