logoblog

Cari

SPAL, Program Inovasi Desa Ciptakan Lingkungan Bersih

SPAL, Program Inovasi Desa Ciptakan Lingkungan Bersih

| RASABOU |KIMBOLO.com—Pemerintah Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, mulai melaksanakan kegiatan pembagunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL).

Inovasi Desa

KIM Bolo
Oleh KIM Bolo
26 Juli, 2019 07:01:05
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 1105 Kali

| RASABOU |KIMBOLO.com—Pemerintah Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, mulai melaksanakan kegiatan pembagunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL). SPAL merupakan sebuah inovasi desa setempat yang kali pertama dicetus dengan menggunakan Dana Desa Tahun 2019. Program tersebut, pun menjadi skala prioritas agar warga masyarakat berada dalam lingkungan hidup bersih, baik dari ancaman penyakit yang ditimbulkan dari air limbah rumah tangga maupun limbah air pada musim hujan nanti.

Pemerintah Desa Rasabou menargetkan penyelesaian pembangunan SPAL tersebut selama dua hari dengan cara bergotong royong. Dengan volume 150 meter untuk dua lokasi yakni di dusun empat RT12/06 dan RT11/06, akan menhabiskan anggaran sebesar Rp26.490.450 yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2019.

"Program Spal ini difokuskan di dusun empat, yakni RT12/RW06 dan RT11/RW06 dari anggaran tersebut," ujar Plt Kepala Desa Rasabou Jamaludin HA Talib, di lokasi kegiatan, Kamis (25/7/2019).

Pembagunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) rumah tangga ini, pun disambut antusias warga masyarakat dan ikut mengambil bagian menyelesaikan rencana kerja fisik tahap dua dari Dana Desa tersebut.

"Kita harapkan bersama agar SPAL yang kita bangun ini dapat dijaga dengan baik agar bisa berkelanjutan serta mempermudah aliran air limbah, baik yang bersumber dari rumah tangga maupun air di musim hujan nanti," ujar Plt Kepala Desa Rasabou Jamaludin HA Talib, di lokasi kegiatan, Kamis (25/7/2019).

 

Baca Juga :


Selama satu terakhir 2019 nanti, Sekretaris Desa Rasabou Ansari menggandeng Plt Kepala Desa Rasabou Jamaludin bersama seluruh staf dan lembaga desa yang ada, menargetkan akan menyelasaikan program fisik tahap dua tersebut dengan dukungan 40 persen anggaran Dana Desa. Melalui priotas pembangunan SPAL ini, adalah untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat agar bisa hidup dalam lingkungan bersih.

Penulis: Adi



 
KIM Bolo

KIM Bolo

"Katakan benar apa yang kita lihat meski itu pahit bagi kamu" Nama : Suryadin Alamat : Jl Lintas Sumbawa No.53 Ds Rasabou Kec. Bolo Kab. Bima-NTB. Email : adipradana30@ymail.com Kontak Person: 085-253-323535 Website: www.kimbolo.info

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan