logoblog

Cari

Kampung Literasi. Mengenal Dunia Lewat Buku

 Kampung Literasi. Mengenal Dunia Lewat Buku

Sumbawa Barat. Diskominfo - Desa tamekan Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang terpilih sebagai Kampung Literasi oleh Pemerintah Daerah tahun

Inovasi Desa

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
02 Agustus, 2019 22:30:55
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 867 Kali

Sumbawa Barat. Diskominfo - Desa tamekan Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang terpilih sebagai Kampung Literasi oleh Pemerintah Daerah tahun 2019 adalah desa yang mayoritas masyarakatnya bercocok tanam atau sebagai petani, dipilihnya desa tersebut sebagai Kampung Literasi untuk meningkatkan minat baca dan menulis yang tinggi pada masyarakatnya.

Terletak di 5 Km sebelah timur Kota Taliwang, Desa tersebut masih asri dan sejuk. Meski masyarakatnya 90 persen sebagai petani tetapi semangat kebersamaan dan gotong royong untuk terus maju mengikuti perkembangan zaman melalui literasi sangat terasa.

Merespon semangat tersebut, Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bonto KSB, Hadijah membuat program kreativ “Pojok Baca Kampung Literasi” dengan harapan mampu menampung dan mengajari masyarakat khususnya anak-anak untuk mengenal dunia melalui buku.

“Dari adanya pojok baca ini masyarakat dapat mencari informasi penting yang dibutuhkan untuk mengasah kemampuan, mengembangkan skill dan mampu melihat peluang,” kata Hadijah saat ditemui di SKB Bonto Kecamatan Taliwang KSB, Jumat (2/8/2019)

Banyak program yang dilaksanakan di kampung literasi, diantaranya pojok baca wisata baca pelatihan jurnalistik, pemutaran film literasi dan kegiatan lainnya. “Pojok baca ini kami dirikan demi membumikan masyarakat yang gemar membaca menuju masyarakat literat,” katanya.

Ada tiga lokasi pojok baca di kampung literasi Desa Tamekan, ketiga lokasi tersebut dapat dengan mudah didatangi oleh warga setiap saat untuk sekedar mencari informasi terbaru dan membaca buku-buku pelajaran dan ilmu agama.

Buku-buku dijejerkan di sebuah pondok di persawahan dan pemukiman warga, warga bebas memilih pojok baca mana yang sesuai dengan keinginan, sehingga akan membuat pembaca lebih menikmati alam dan lingkungan sekitar. Pojok Baca yang berlatar belakang alam seperti sawah dan gunung akan lebih memunculkan ide kreatif dan inspirasi baru.

 

Baca Juga :


SKB Bonto juga menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumbawa Barat sebagai sumber informasi, dengan menggandeng Diskominfo semua informasi pemerintah atau masyarakat dapat didapat dengan mudah untuk dibagikan kepada warga kampung literasi.

“Diskominfo adalah sumber informasi alternatif yang dapat dengan mudah diakses di sela-sela berbagaimacam informasi atau berita bohong yang beredar saat ini,” tutur Hadijah.

Di Pojok Baca kampung literasi, masyarakat dapat membaca beberapa buku pelajaran, bertanya tentang informasi pemerintahan, belajar melihat potensi lingkungan dan mengasah diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang banyak.

Hadijah berharap, semoga kampung literasi Desa Tamekan dapat menggerakan desa-desa yang lain untuk terus berkembang dan menjadi kampung-kampung literasi selanjutanya. Feryal

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan