logoblog

Cari

Kelompok Usaha Perempuan Muslimah Kembang Kerang Menuju Pasar Online

Kelompok Usaha Perempuan Muslimah Kembang Kerang Menuju Pasar Online

Kembang Kerang, 18 September 2019, Mahasiswa UNU NTB bersama dengan STF UIN Jakarta mengadakan Pendampingan dan Pelatihan Pemasaran Online bagi Pelaku

Inovasi Desa

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
21 September, 2019 16:51:59
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 3485 Kali

Kembang Kerang, 18 September 2019, Mahasiswa UNU NTB bersama dengan STF UIN Jakarta mengadakan Pendampingan dan Pelatihan Pemasaran Online bagi Pelaku Usaha UMKM Perempuan Muslimah di Desa Kembang Kerang Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pelatihan tersebut langsung mendatangkan tutor dari tim PLUT NTB yaitu Masyhur dan Ahmad Nurali.

Gambar 1. Dosen Pembimbing Lapangan Bersama Mahasisiswa UNU NTB.

Kegiatan pendampingan pelatihan tersebut diadakan di rumah Ibu  Hj. Humaira salah satu pengrajin tenun asli Di Desa Kembang Kerang, beliau adalah ketua UMKM yang ada di Desa Kembang Kerang. Pelatihan dimulai dari pukul 09.30 WITA hingga pukul 15.00 WITA. Materi Pelatihan diawali dengan pembuatan akun Gmail dan pengenalan situs online digital marketing, diantaranya Google Bisnisku dan Buka Lapak.

Selama kegiatan berlangsung, peserta pelatihan yang merupakan ibu-ibu pelaku usaha dibimbing Mahasiswa UNU NTB untuk membuat akun Gmail dan beberapa situs online lainya. Sebelum pembuatan akun tersebut, peserta terlebih dahulu dijelaskan manfaat digital dalam pemasaran online. Digital marketing sangat penting bagi pelaku usaha dalam memasarkan produk dari usaha yang dijalankan.

Gambar 2. Peserta Pelatihan Memerhatikan Materi Pemasaran Online.

Masyhur, sebagai perwakilan dari PLUT NTB mengungkapkan bahwa salah satu bagian terpenting dalam menjalankan usaha atau bisnis apapun itu adalah pemasaran. Kelebihan serta kemudahan dari pemasaran online yaitu tidak terbatas ruang dan waktu , Biaya pemasaran lebih murah, kemudahan mengelola barang, pelayanan lebih fokus dan pemasaran online bisa membantu para pelaku bisnis dalam melakukan riset pasar mengenai produk-produk yang diminati oleh konsumen.

Gambar 3. Pembekalan materi pasar online oleh tim PLUT NTB

Selama pelatihan berlangsung peserta sangat bersemangat dan antusias dalam menerima materi yang disampaikan oleh Pak Masyhur selaku tim PLUT. Peserta berharap dengan diadakanya pelatihan pemasaran Online ini mereka bisa mengembangkan usahanya. Sebagian besar ibu-ibu di Desa Kembang Kerang menekuni usaha Kain Tenun Tradisional Gedogan dengan beragam motif,  satu lembar kain tenun gedogan memiliki panjang 4 meter dan lebar 60 cm. Dalam proses pembuatan Kain Tenun Tradisonal ini menggunakan bahan-bahan pewarnaan alami dari tumbuh-tumbuhan dengan memanfaatkan kulit kayu, dedaunan, dan akar pohon yang ramah lingkungan. Kesabaran dan ketekunan sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan kain tenun tradisonal karena dibutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 2 sampai 3 minggu untuk menghasilkan satu lembar kain tenun, tergantung kerumitan motif yang buat.

Ibu Vita, sebagai perwakilan dari STF UIN Jakarta menerangkan kegiatan pelatihan pemasaran Online ini bertujuan untuk melatih ibu-ibu dalam pemasaran online. Karena sebelumnya mereka memasarkan produknya lewat offline. Beliau berharap setelah pelatihan ibu-ibu tidak hanya memasarkan lewat offline tetapi juga bisa memasarkan produk mereka melalui online sehingga bisa mempermudah ibu-ibu dalam menjalankan usaha dan meningkatkan konsumen.

 

Baca Juga :