logoblog

Cari

Desa Nanas

Desa Nanas

Desa Lendang Nangka Utara merupakan salah desa pertanian yang terletak di Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur. Aneka ragam jenis tanaman yang

Inovasi Desa

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
31 Oktober, 2019 16:46:43
Inovasi Desa
Komentar: 0
Dibaca: 3825 Kali

Desa Lendang Nangka Utara merupakan salah desa pertanian yang terletak di Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur. Aneka ragam jenis tanaman yang mewarnai aktifitas pertanian di Lesa Lendang Nangka Utara. Namun secara umum, warga masyarakat petani yang ada di desa ini memiliki kecenderungan dalam memproduksi hasil tanaman padi dan nanas.

Pada desa ini, produksi hasil pertanian yang diperoleh dari area persawahan berlangsung dalam tiga tahap panen, yaitu setiap kali dalam 3 bulan. Namun di saat musim kemarau datang, warga masyarakat petani yang ada di Desa Lendang Nangka Utara lebih memilih untuk memproduksi hasil tanaman cabe, tomat, jagung,brokoli, dan jenis tanaman lainnya.

Pada area perkebunan, masyarakat petani yang ada di Desa Lendang Nangka Utara lebih cenderung memproduksi hasil tanaman berupa nanas. Hal ini tedukung oleh kondisi tanah yang subur, dan sangat dekat dengan kawasan kaki Gunung Rinjani sehingga suhu dan sumber mata ait sangat muda untuk ditemukan.

Sampai saat ini mayarakat Desa Lendang Nagka Utara tetap aktif memproduksi hasil tanaman nanas. Berbagai informasi yang beredar, baik dari warga sekitar yang ada di Desa Lendang Nangka Utara, maupun dari berbagai pihak pebisnis buah nanas yang ada di Pulau Lombok bahwa hasil produksi tanaman nanas terbesar di Lombok Timur yaitu di Desa Lendang Nangka Utara. Demikian pula dengan jangkauan pemasaran, desa ini  mampu menyebarkan hasil produksi tanaman nanas ke berbagai daerah yang ada di Nusa Tenggara Barat, bahkan hingga ke luar propensi, seperti ke Bali dan Jawa. Olehnya itu, Desa Lendang Nagka Utara dijuluki sebagai Desa Nanas.

Masyarakat petani kebun yang ada di Desa Lendang Nangka Utara mampu memproduksi hasil pertanian berupa tanaman nanas dalam jangka waktu yang lumayan lama. Dalam arti bahwa untuk masa panen yaitu melebihi satu tahun untuk bibit yang super. Masyarakat petani nanas di kawasan ini memanfaatkan waktu panen dengan berkisar berkisar 12-13 bulan. Namun untuk  bibit yang berukuran kecil dapat dipanen dalam kurung waktu 14 hingga 16 bulan.

 

Baca Juga :


Informasi dari berbagai warga petani nanas yang ada di Desa Lendang Nangka Utara, dan juga dari pemantauan pada beberapa pedagang nanas, yang mana peminat nanas Lendang nangka lumayan banyak. Selain itu, pemenuhan kebutuhan masyarakat untuk buah nanas lendang nagka dapat terpenuhi, mengingat bibit tanaman nanas banyak ditanam di desa tersebut.

Banyaknya peminat pada buah nanas asal Lendang Langka mempengaruhi banyak warga sekitar untuk menanam jenis tanaman ini. Namun, beberapa warga sekitar masyarakat Lendang Nangka mengharapkan kepada pemerintah agar masyarakat Lendang Nangka mendapat bantuan atau sejenis pelatihan yang terkait dengan buah nanas. Dalam arti bahwa agar masyarakat Lendang Nangka lebih kreatif dalam memperkenalkan hasil produksi tanaman mereka, diharapkan pembinaan dan bantuan berupa alat yang dapat mengolah hasil panen petani nanas, misalnya pengolahan buah nanas menjadi selai, dodol nanas, kripik, dan lainlain. []

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan