Petani Lobar Raih Penghargaan Nasional

LOMBOK BARAT KM. Setelah sukses meraih tiga besar pada Lomba Desa tingkat Nasional, Kabupten Lombok Barat (Lobar) kembali meraih sukses yang sama. Kali ini, Kementerian Pertanian RI melalui Badan Penyuluhan dan SDM Pertanian, memberikan penghargaan kepada Petani Berprestasi dan Kelembagaan Ekonomi Petani. “Petani kita masuk tiga besar Nasional,” papar Kepala Dinas Pertanian Lobar melalui Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan, Herman Sujono, S.Pt, Rabu (9/8).

Dijelaskan Herman, kategori Petani Berprestasi diraih oleh Mursidin. Sedangkan kategori Kelembagaan Ekonomi Petani, diraih oleh Koperasi Tani Syariah Harapan Bersama atas nama Sudirman.

Sebenarnya kata Herman, Selain kategori Petani Berprestasi dan kelembagaan Petani, ada satu lagi yang masuk bergabung dalam kelompok tiga besar. Yang dimakdus Herman adalah, Kelompok Tani (Poktan) Komunitas Jagung “Mertak Songkang”-Kecamatan Sekotong. Namun poktan komunitas jagung ini masih dalam taraf verifikasi. Poktan ini diwakili oleh Sahril.

Dalam rangkaian kegiatan pemberian penghargaan tingkat nasional tahun 2017, para pemenang  diundang ke Jakarta. Penerima penghargaan, akan mengikuti rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke 72 sejak 15 s/d 19 Agustus 2017 mendatang.

Sedangkan penerima penghargaan kategori Poktan Komunitas Jagung, akan diberikan bertepatan dengan kegiatan Hari Pangan. Suksesnya Petani Lobar dalam meraih penghargaan, berawal dari kegiatan lomba yang digelar di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi NTB dan sukses di tingkat nasional. Dari delapan kategori yang dilombakan, Lobar sukses tembus empat kategori. Kategori tersebut masing-masing, Penyuluh PNS Berprestasi, Petani Berprestasi, Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi, dan Kelompok Tani Komunitas Jagung. () 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru