Bangun Jembatan Desa, Mudahkan Petani

KM Bali 1, Kempo- Satu unit jembatan dibangun oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Konte Kecamatan Kempo di Dusun Sambi. Jembatan ini nantinya akan dilewati oleh para petani menuju lahan pertanian dengan luas hamparan total 15 hektar di Sor Roju Satu.

Pasalnya, Pemdes setempat merasa prihatin dengan kesulitan yang dialami para petani di Desanya khususnya di Dusun Sambi saat berangkat ke lahan pertaniannya. Kesulitan ini akan bertambah saat datangnya musim hujan. “mereka harus berjalan kaki menuju lahan. Mereka lalu menyeberangi sungai ini. Kalau pada musim hujan, debit airnya tinggi sehingga petani harus berenang. Belum lagi saat musim panen”, tutur Kades Konte Muhtar, SE yang diwawancarai di Lokasi Pembangunan Jembatan Rabu, (2/10) lalu.

Untuk mencegah kesenjangan social di tengah warganya, Pemerintah Desa Konte menerapkan system pemerataan pembangunan. “Desa Konte dibagi atas 3 Dusun, antara lain Dusun Sambi, Dusun Konte, dan Dusun Maria. Dalam perencanaan Pembangunan Desa setiap tahunnya kami melakukan pemerataan agar tidak terjadi kecemburuan”, kata Muhtar, SE.

Selain membangun Jembatan, pada tahun 2019 ini Pemdes Konte juga membangun Jalan Ekonomi sepanjang 83 meter, dan saluran irigasi pertanian sepanjang 200 meter yang berlokasi di So Ncawu. Saluran irigasi yang dibangun permanen ini akan mendistribusikan air untuk lahan pertanian seluas 12 Hektar.

Muhtar berharap kepada Media agar memberikan informasi yang positif kepada warga Desanya terkait pengelolaan Anggaran APBDes  yang nilainya 1,6 milliar rupiah itu. “kami berharap kepada Media agar memberikan pemahaman yang positif kepada masyarakat terkait pengelolaan anggaran APBDes di Desa Konte ini sehingga tercipta situasi yang kondusif, Pemerintah Desa pun bisa bekerja melayani warganya dengan  baik”, katanya.[AS]

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru