Wisata Kampung Kelor

KM Gempar. Kampung Karamel (Karang Anyar Melaya) Desa Lunyuk Rea Kabupaten Sumbawa menjelma menjadi kampung wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Dibalik keindahan kampung yang menjelma kampung agrowisata ini ada yang menarik untuk kita ulas, yakni budidaya pembibitan kelor. 


Kelor dengan nama ilmiah moringa oleifera ini dikenal kaya akan antioksidan, asam amino, vitamin dan mineral. Bubuk daun kelor juga sering disebut sebagai sumber protein karena mengandung sembilan asam amino esensial. Selain itu, daun kelor juga memiliki potensi untuk menyediakan kebutuhan di dalam tubuh manusia yang tidak terpenuhi dan juga memiliki sifat yang baik untuk penyembuhan.

Pokdarwis Karamel Lunyuk Rea sukses membudidaya pohon kelor. Selama ini kita hanya menjumpai kelor yang ditanam langsung dari batangnya. Namun, bibit kelor Karamel ini disemai langsung dari biji buah kelor. Hal ini tentunya lebih menjanjikan kelor tersebut tumbuh subur meski ditanam pada media pot atau karung.

Pokdarwis karamel saat ini sudah bisa memasarkan bibit kelor mereka dan akan mengadakan road show kelor karamel hingga ke kota Sumbawa.

Pokdarwis karamel berinisiatif membudidaya kelor ini karena secara medis kelor sangat baik untuk kesehatan sehingga pokdarwis karamel berupaya menyediakan kelor sebagai kebutuhan kesehatan masyarakat sehari hari.

Iwan Sofyan, Camat Lunyuk mengungkapkan bahwa budidaya kelor ini merupakan antusias pokdarwis bersama masyarakat Karamel. Selain dari manfaat kesehatannya serta potensi marketingnya, kelor kelor ini juga nantinya akan di tanam di hutan hutan yang sudah mulai gundul dalam upaya mengembalikan kelestarian hutan kedepannya. ***Ryan Muammar

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru